Friday, February 21, 2014

12 Barisan Keadaan Manusia ketika Dibangkitkan dari Alam Kubur

Dalam suatu riwayat mengatakan bahwa Manusia dibangkitkan dari alam kubur kemudian digirng menuju Padang Mahsyar. Manusia di bagi menjadi 12 barisan, dan ada juga mengatakan bahwa umat manusia dibagi menjadi 120 baris, sedangkan umat Islam hanya 3 baris. Jelasnya diambil salah satu yang kuat dan menguatkan. Masalah barisan adalah kebenaran dunia yang relatif, dimana yang haq adalah Wallahu Alam. 

AlHadist saat itu mengatakan Muadz bin Jabal bertanya pada Rasulullah SAW, "terangkanlah kepadaku maksud dari firman Allah SWT : "Pada hari sangkakala ditiup, maka kalian semua datang dengan berbondong-bondong" (QS.An Naba:18)
Tiba-tiba Rasulullah menangis dan bersabda  "Wahai Muadz,engkau bertanya kepadaku mengenai masalah yang sangat besar,(ketahuilah)umatku akan digirng menjadi 12 barisan".

Barisan Pertama
Mereka digiring dari kuburannya dalam kondisi tidak bertangan dan berkaki. Allah Taala menyerukan "Mereka adalah orang-orang yang ahli menyakiti tetangganya"

Barisan Kedua
Mereka digiring dari kuburannya berbentuk babi. Mereka adalah orang-orang yang meremehkan shalatnya"

Barisan Ketiga
mereka digiring dari kuburannya dalaam keadaan perutnya ibarat gunung yang penuh dengan ular,kalajengking dan berbentuk keledai. "mereka ini adalah orang-orang yang enggan mengeluarkan zakat"

Barisan Keempat
mereka digirng dari kuburannya dengan keadaan mulut mengeluarkan darah. "mereka ini adalah orang-orang yang berdusta dalam berdagang"

Barisan Kelima
mereka digirng dari kuburanya menjadi angin yang berhembus,dimana baunya lebih busuk daripada bangkai. "mereka adalah orang-orang yang menyembunyikan perbuatan durhakanya,sebab takut diketahui manusia,dan tidak takut pada Allah"

Barisan Keenam
mereka digiring dari kuburanya denga keadaan tenggorokan dan tengkuknya terputus "mereka adalah orang-orang yang berbuat menjasi saksi palsu"

Barisan Ketujuh
mereka digirng dari kuburanya dalam keadaan tidak berlidah,serta dari mulutnya keluar kotoran nanah bercampur darah. "mereka ini orang-orang yang enggan memberikan kesaksian"

Barisan Kedelapan
mereka digirng dari kuburanya dengan kondisi terbalik,dimana kepalanya dibawah dan kakinya diatas. "mereka ini orang-orang yang berbuat zina dan mati sebelum bertobat"

Barisan Kesembilan
Mereka digirng dari kuburanya dengan berwajah hitam,mata biru, dan perutnya penuh dengan api. "mereka adalah orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan cara yang tidak dibenarkan"

Barisan Kesepuluh
mereka digirng dari kuburanya dalam keadaan tubuh yang penuh penyakit kusta dan penyakit kudis. "mereka adalah orang-orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya"

Barisan Kesebelas
Mereka digiring dari kuburannya dalam keadaan buta mata dan hatinya,dimana giginya sepperti tanduk sapi jantan,bibirnya terbuka lebar sampai kedada,lidahnya menjulur panjang samapi keperut bahkan ada yang sampai kepaha. "mereka adalah orang-orang yang suka meminum-minuman keras"

Barisan Keduabelas
Mereka digirng dari kuburannya, dan wajah mereka seperti bulan purnama. Mereka melalui jembatan Syiroth secepat kilat yang menyambar. "Mereka adala orang-orang yang melakukan perbuatan shaleh dan berbuat baik,menjauhi perbuatan durhaka, memelihara shalat lima waktu dan mereka meninggalkan dunia dalam keadaan tobat"

resource "perjalanan hidup sesudah mati"

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Fermalin - Posts · Comments
Powered by Blogger